Khasiat Utama tanaman Salvia bagi kesehatan



Salvia | Salvia splendens Ker-Gawl.



Salvia termasuk dalam Familia Labiatae (Lamiaceae). Tanaman hias berbunga indah ini berasal dari Meksiko, yang ditanam di taman-taman atau di pekarangan dan dapat ditemukan terutama pada daerah berhawa sejuk sampai setinggi 1400 m d atas permukaan air laut. Salvia menyukia tempat-tempat yang menerima sinar matahari penuh ata agak terlindung dengan cahaya cukup.



Tanaman ini merupakan perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi 20-90 cm, mempunyai batang bersegi empat dan bercabang.



Daunnya berupa daun tunggal dengan panjang tangkai daun 1-6 cm dan helaian daun berbentuk bulat telur sampai memanjang. Ujung daun runcing, pangkal daun tumpul, dengan tepi daun bergerigi dan tulang daun menyirip. Panjang daun 3-10 cm dan lebarnya 2-6,5 cm serta berwarna hijau tua.



Bunganya berwarna merah dengan 2-16 kuntum tumbuh melingkar menjadi karangan bunga berbentuk tandan yang panjangnya 10-30 cm. Buahnya berbentuk lonjong dan kecil.



Tanaman ini dikembangbiakkan dengan biji atau stek tunas.



Salvia mempunyai sifat kimiawi manis dan netral yang berfungsi membersihkan panas.



Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa penyakit yang dapat dioabti menggunakan herba ini, antara lain :



-Demam



-Bisul (furunculosis)



-Luka terpukul



-Terkilir dan bengkak



Pengobatan menggunakan herba ini yaitu untuk pemakaian luar dengan cara mencuci bersih tanaman secukupnya kemudian ditumbuk sampai seperti bubur lalu dipakai untuk mennurapkan bagian tubuh yang sakit.