Khasiat Utama tanaman Tampal Besi bagi kesehatan



Tampal Besi | Phyllanthus reticulatus Poir.



Tampal besi termasuk dalam Familia Euphorbiaceae dengan nama sinonim Anisonema dubium BI. Tanaman ini merupakan perdu tegak memanjat dengan tinggi 1-5 mdan banyak bercabang dengan tangkai-tangkai yang tebal sampai 9 cm serta tumbuh tersebar di Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh di tempat-tempat terbuka yang disinari matahari pada ketinggian antara 1-1000 m di atas permukaan air laut.



Daunnya tipis yang tersusun menyirip, kecil-kecil, bertangkai pendek, dan berbentuk lonjong dengan ujung tumpul dan tepi rata serta berwarna hijau dengan perbedaan entuk dan ukuran sangat besar.



Bunganya berupa bunga tunggal atau beberapa kuntum keluar dari ketiak daun dan berwarna hijau bercampur ungu.



Buahnya berdaging, bulat gepeng, dan apabila telah masak warnanya merah.



Rebusan tangkai dan daunnya dapat digunakan untuk memberi warna hitam pada bahan katun.



Tampal besi mempunyai sifat kimiawi dengan rasa tawar, kelat, netral, dan sedikit beracun yang berfungsi melancarkan peredaran darah dan sebagai anti radang.



Bagian batang dan cabang tampal besi dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan herba ini, yaitu :



-Rematik



-Luka terpuku



-Disentri



-Radang usus, radang lever, radang ginjal



-Cacingan pada anak-anak



Pengobatan menggunakan herba ini untuk pemakaian dalam dapat dilakukan dengan cara merebus 10-15 gr herba kemudian air rebusannya diminum.  Sedangkan untuk pemakaian luar dilakukan dengan cara melumatkan herba secukupnya lalu ditempelkan ke tempat yang sakit.