Khasiat Utama tanaman Patikan Kebo bagi kesehatan





Patikan Kebo | Euphorbia hirta L.



Patikan kebo berasal dari Amerika Serikat, merupakan tumbuhan liar yang merupakan gulma, terdapat di tempat terbuka di sekitar pantai, padang rumput, pinggir jalan atau kebun sampai ketinggian 1400 m dpl. Termasuk terna tegak atau memanjat dengan tinggi mencapai 50 cm, batang berambut dengan percabangan yang keluar dari dekat pangkal batang, warna merah kecoklatan, mempunyai getah putih bila diremuk. Daunnya terletak berhadapan, berbentuk jorong meruncing atau tumpul dengan panjang 5-50 mm dan lebar 5-25 mm, tepi daun bergerigi, kadang-kadang terdapat bercak berwarna ungu, berambut jarang, berwarna hijau dengan permukaan bagian bawah berwarna lebih pucat. Mempunyai tangkai daun yang pendek. Bola berbentuk bola dengan garis tengah kurang lebih 1 cm, keluar dari ketiak daun, berwarna hijau pucat atau merah kecoklatan. Biji sangat kecil dan berbulu.



Tanaman ini memiliki beberapa nama daerah antara lain daun biji kacang (Melayu); gelang susu, gendong anak (Jakarta); nanangkaan, nangkaan (Sunda); kukon-kukon, patikan, patikan jawa, patikan kebo (Jawa); kak-sekakan (Madura); sosononga (Halmahera); isu ma ibi (Ternate); dan isu gibi (Tidore)



Patikan kebo memiliki rasa agak pahin dan asam, sejuk, dan sedikit beracun. Mengandung myricyl alkohol, taraxerol, friedlin, betha amyrin, beta sitosterol, beta eufol, euforbol, tirukalol, eufosterol, hentriacontane, flavonoid, tanin, dan bunganya mengandung ellagic acid. Seluruh bagiannya bisa digunakan sebagai obat baik dalam kondisi segar maupun kering.



Berikut beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan patikan kebo beserta cara pengobatannya:

1. Disentri

15-24 patikan kebo ditambah gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bia berlendir), ditambah air secukupnya, ditim, lalu minum.

2. Melancarakan kencing

Rebus 30-60 gr patikan kebo segar dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari.

3. Abses paru

Lumatkan 1 genggam patikan kebo, tambahkan setengah mangkuk air lalu peras dan minum.

4. Abses payudara

Tim 60 gr patikan kebo segar ditambah 120 gr tahu putih lalu makan.

5. Typhus abdominalis

Rebus 30-150 patikan kebosegar dengan air secukupnya. Minum 3 kali sehari.

6. Tinea pedis

Rendam 90 gr tanaman patikan kebo segar dengan 1/2 liter alkohol 70% selama 3-5 hari untuk mencuci.

Selain beberapa penyakit di atas, patikan kebo juga bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, enteric trichomoniasis, chronic bronchitis, abses paru-paru, dan radang ginjal dengan cara meminum air rebusan 6-9 gr patikan kebo kering atau 30-60 gr patikan kebo segar. Bisa juga digunakan sebagai obat luar untuk mengobati eczema, koreng, tinea pedis, dan abses payudara dengan cara menempelkan patikan kebo yang telah di lumatkan pada bagian yang sakit atau mencuci bagian yang sakit dengan air rebusan patikan kebo.



GEJALA KERACUNAN: mencret

ANTIDOTE: rebus 9 gr kayu manis ditambah 12 gr Lonicera macrantha D.C. dengan 1,5 mangkuk air hingga tersisa 1 mangkuk lalu minum.