Khasiat Utama tanaman Patikan Cina bagi kesehatan





Patikan Cina | Euphorbia thymifolia L.



Patikan cina merupakan terna kecil merayap, kadang-kadang setengah tegak, berambut, terdapat dimana-mana di antara rumput di halaman, sekeliling tegalan, pinggir jalan pada tempat-tempat yang agak basah sampai ketinggian 1400 m dpl. Batang dan daunnya agak kemerah-merahan dan bila dipatahkan mengeluarkan getah. Daunnya berbentuk bulat telur kecil-kecil, bersirip genap, berhadapan, dan baunya wangi. Bunganya berwarna merah muda.



Di Jawa tanaman ini dikenal dengan sebutan gelang pasir, ki mules, nanangkaan gede, useup nana, krokot cina, dan patikan cina. Sedangkan di Maluku tanaman ini dikenal dengan nama jalu-jalu tona.



Patikan cina mempunyai rasa agak masam, bersifat astirngent, sedikit sejuk, dan mempunyai efek farmakologis berupa anti-inflamasi, peluruh air seni, dan menghilangkan gatal. Akarnya mengandung myricyl alkohol, taraxerol, tirucalol, kamzuiol, dan hentriacontane. Batang dan daunnya mengandung cosmosiin. Seluruh bagiannya bisa digunakan sebagai obat baik dalam kondisi segar maupun kering. Beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan patikan cina antara lain:

1. Disentri basiler

rebus 15-30 gr patikan cina, lalu minum airnya untuk dua kali pengobatan.

2. Wasir

Rebus 1/3 genggam patikan cina, 1/3 genggam patikan kebo, 1 jari rimpang kunyit, 3 jari gula enau, dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Saring setelah dingin. Minum 3×1/2 gelas per hari.

3. Abses payudara

Lumatkan patikan cina segar, tambahkan gula enau lalu tempelkan pada tempat pembengkakan.

4. Herpes zoster

Lumatkan 1 genggam patikan cina segar dan 1 buah bawang putih. Tambahkan air dingin lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

5. Eczema, dermatitis, kulit gatal, dan wasir berdarah

Rebus patikan cina secukupnya lalu gunakan airnya untuk mecuci bagian yang sakit.

Selain itu ppatikan cina juga bisa digunakan untuk mengobati typhus abdominalis, enteritis, dan diare dengan cara meminum air rebusan 15-30 gr patikan cina kering atau 30-60 gr patikan cina segar.