SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN)
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup | Benda dan Sifatnya | Energi dan Perubahannya | Bumi dan Alam Semesta | |
Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menunjukkan • Memberi contoh • Menyebutkan | Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya - penyesuaian diri makhluk hidup - pelestarian lingkungan | Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan - daur hidup hewan - alat gerak dan fungsinya - sistem pernapasan pada manusia/hewan - sistem pencernaan pada manusia - sistem peredaran darah pada manusia - perkembangbiakan tumbuhan/hewan - perkembangan dan pertumbuhan manusia - pemeliharaan kesehatan organ | Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - sifat benda - perubahan wujud benda - sifat bahan dan bahan penyusunnya | Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: -jenis-jenis gaya - bentuk energi dan perubahannya - energi alternatif - sifat-sifat magnet | Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - sumber daya alam - siklus air - sistem tata surya - gerhana bulan dan gerhana matahari |
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup | Benda dan Sifatnya | Energi dan Perubahannya | Bumi dan Alam Semesta | |
Aplikasi • Menerapkan • Membandingkan • Mengklasifikasi | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya - penyesuaian diri makhluk hidup - keseimbangan lingkungan | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - daur hidup hewan - mekanisme sistem gerak - mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah) - pemeliharaan kesehatan organ | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - sifat bahan dengan kegunaannya - pemanfaatan perubahan wujud benda - suhu dan kalor | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda - bunyi - cahaya - perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik - energi alternatif dan cara penggunaannya - listrik dan magnet | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang: - mencegah kerusakan lingkungan - dampak pengambilan bahan alam - rotasi dan revolusi bumi dan bulan |
Penalaran • Menganalisis • Memprediksi • Menyimpulkan | Peserta didik mampu bernalar tentang: - hubungan antarmakhluk hidup - upaya manusia dalam menjaga keseimbangan/pelestarian lingkungan | Peserta didik mampu bernalar tentang: - hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan - percobaan pada sistem organ | Peserta didik mampu bernalar tentang: - pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya - perubahan wujud benda - suhu dan kalor | Peserta didik mampu bernalar tentang: - - bunyi - cahaya | Peserta didik mampu bernalar tentang: - - rotasi dan revolusi bumi dan bulan - siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup |
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 2
DOWNLOAD FILE NYA MASING MASING DI BAWAH YA
KISI-KISI USBN-SD-IPA-Kur2006-2013 (Irisan) 2019
KISI-KISI USBN-SD-Matematika-Kur2006-2013 (Irisan) 2019 sahira oktober
KISI-KISI USBN-SD-Bahasa Indonesia-Kur2006-2013 (Irisan) 2019