KISI-KISI USBN SEKOLAH DASAR 2020


KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kurikulum                 : 2006/2013 (IRISAN)

Level Kognitif


Lingkup Materi


Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Benda dan Sifatnya
Energi dan Perubahannya
Bumi dan Alam Semesta
Pengetahuan dan
Pemahaman
     Mengidentifikasi
     Menunjukkan
     Memberi contoh
     Menyebutkan
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
-     hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
-     penyesuaian diri makhluk hidup 
-     pelestarian lingkungan
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
-     fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan 
-     daur hidup hewan
-     alat gerak dan fungsinya 
-     sistem pernapasan pada manusia/hewan 
-     sistem pencernaan pada manusia
-     sistem peredaran darah pada manusia
-     perkembangbiakan tumbuhan/hewan
-     perkembangan dan pertumbuhan manusia
-     pemeliharaan kesehatan organ



Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
-     sifat benda
-     perubahan wujud benda
-     sifat bahan dan bahan penyusunnya
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: -jenis-jenis gaya
-     bentuk energi dan perubahannya
-     energi alternatif 
-     sifat-sifat magnet
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
-     sumber daya alam
-     siklus air
-     sistem tata surya
-     gerhana bulan dan gerhana matahari

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020     | 1



Level Kognitif


Lingkup Materi


Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Benda dan Sifatnya
Energi dan Perubahannya
Bumi dan Alam Semesta
Aplikasi
     Menerapkan
     Membandingkan
     Mengklasifikasi

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-     hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
-     penyesuaian diri makhluk hidup
-     keseimbangan lingkungan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-     daur hidup hewan
-     mekanisme sistem gerak
-     mekanisme sistem 
organ (pernapasan, 
pencernaan, dan 
peredaran darah)
-     pemeliharaan 
kesehatan organ
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan  tentang:
-     sifat bahan dengan kegunaannya
-     pemanfaatan perubahan wujud benda
-     suhu dan kalor

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan  tentang:
-     pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
-     bunyi
-     cahaya
-     perubahan energi listrik dan penghematan energi
listrik
-     energi alternatif dan cara penggunaannya
-     listrik dan magnet

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan  tentang:
-     mencegah kerusakan lingkungan
-     dampak pengambilan bahan alam
-     rotasi dan revolusi bumi dan bulan
-     gerhana bulan dan gerhana matahari
Penalaran
     Menganalisis
     Memprediksi
     Menyimpulkan
Peserta didik mampu bernalar tentang:
-     hubungan 
antarmakhluk hidup
-     upaya manusia dalam menjaga
keseimbangan/pelestarian lingkungan
Peserta didik mampu bernalar tentang:
-     hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan
-     percobaan pada sistem organ

Peserta didik mampu bernalar tentang:
-     pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya
-     perubahan wujud benda
-     suhu dan kalor
Peserta didik mampu bernalar tentang:
-     hubungan gaya dengan gerak
-     bunyi
-     cahaya
Peserta didik mampu bernalar tentang:
-     gerhana bulan dan gerhana matahari
-     rotasi dan revolusi bumi dan bulan
-     siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020       | 2
 DOWNLOAD FILE NYA MASING MASING DI BAWAH YA
 

KISI-KISI USBN-SD-IPA-Kur2006-2013 (Irisan) 2019
KISI-KISI USBN-SD-Matematika-Kur2006-2013 (Irisan) 2019 sahira oktober
KISI-KISI USBN-SD-Bahasa Indonesia-Kur2006-2013 (Irisan) 2019