Khasiat Utama tanaman Suruhan bagi kesehatan



Suruhan | Peperomia pellucida (L.) Kunth.



Suruhan termasuk dalam Familia Piperaceae dengan nama sinonim P. exigua Miq. Tanaman ini berasal dari Amerika tropis dan tumbuh liar di tempat lembab atau di bawah naungan pada daerah yang kurang subur seperti di batu karang, tembok yang lama, dinding curam, jalan yang mencekung, di ladang dan di pekarangan serta dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1000 m di atas permukaan air laut.



Tanaman ini merupakan terna semusim yang tumbuh tegak dengan tinggi 20 – 40 cm dan kalau agak tinggi kadang menggantung. Suruhan merupakan tumbuhan yang berair, bercabang, mempunyai batang berbentuk bulat dengan diameter 5 mm dan berwarna hijau pucat.



Daunnya berupa daun tunggal yang terletak berseling, berbentuk bundar telur melebar dengan ujung runcing dan pangkal berbentuk jantung serta tepi daunnya rata. Panjang daunnya 1 – 3 cm yang permukaan atas daunnya berwarna hijau pucat mengkilap dan permukaan bawahnya berwarna lebih muda.



Bunganya tersusun dalam rangkaian berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm yang berwarna hijau di ujung tangkai atau ketiak daun.



Buahnya berbentuk bulat yang ujungnya runcing dan berwarna kecoklatan dengan diameter kurang dari 1mm, serta tersusun seperti buah lada. Suruhan segar dapat dimakan sebagai lalab.



Suruhan mempunyai sifat kimiawi dengan rasa pedas dan sejuk. Kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman ini antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri.



Seluruh bagian herba ini dapat digunakan untuk pengobatan.Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan herba ini antara lain :



-Abses, bisul, jerawat, radang kulit



-Luka terbakar, luka terpukul



-Rematik gout, nyeri pada rematik



-Penyakit ginjal



-Sakit kepala pada penderita demam, sakit perut



Pengobatan menggunakan tanaman ini untuk pemakaian dalam dilakukan dengan cara merebus 15-30 gr herba dan menggunakan air rebusannya untuk diminum. Sedangkan untuk pemakaian luar dapat dilakukan dengan cara melumatkan herba secukupnya kemudian ditempelkan ke tempat yang sakit.



Khusus untuk sakit kepala dan sakit perut, pengobatan menggunakan suruhan dapat dijelaskan sebagai berikut :



-Sakit kepala : melumatkan seluruh herba kemudian ditempelkan di pelipis.



-Sakit perut : mencuci bersih 30 gr herba segar kemudian ditumbuk sampai halus dan disaring. Air perasannya diminum.