RAGAM JENIS KHODAM

 1. KHODAM LELUHUR (ROH LELUHUR SEBAGAI KHODAM)
Khodam jenis ini memempati urutan pertama karena memang khodam leluhur dipercaya memiliki tingkat kekuatan yang cukup tinggi. Asal usul khodam Leluhur adalah berasal dari roh atau sukma leluhur yang sudah meninggal, dan khodam ini akan menjaga setiap kerabatnya atau cucu keturunannya yang memiliki kedekatan secara emosional dikala mereka hidup dahulu.

Tak hanya yang memiliki kedekatan emosional, khodam leluhur juga akan mendampingi keturunannya yang sudah beda generasi misalkan keturunan 4. Khodam leluhur menjenguk dan juga mendekati anak keturunan mereka, bahkan tak jarang membantu mereka.
2. KHODAM PENDAMPING
Khodam yang kedua adalah khodam pendamping, adalah sejenis makhluk halus yang memang secara tidak sengaja mau pun sengaja mengikuti seseorang bisa mengikuti di sebelah kiri kanan belakang atas atau pun disisi lainnya.

Lalu dari manakah Asal-usul khodam pendamping ini?Khodam pendamping bisa berasal dari khodam leluhur, khodam pada benda pusaka (seperti keris, batu mustika, dll), dan juga memang berasal dari golongan makhluk gaib halus yang tertarik karena seseorang mengamalkan ilmu atau melafalkan amalan tertentu.

Mereka tertarik dengan orang yang rajin beribadah berdoa atau bertirakat/puasa dan amalan lain yang kemudian dengan senang hati mendamping orang tersebut. Bahkan tak jarang khodam pendamping membantu orang-orang terpilih tersebut saat berada dalam kondisi terdesak.

Khodam pendamping umumnya berasal dari jenis jin, dan keberadaan mereka dapat disadari atau bahkan tanpa disadari oleh orang yang di dampinginya.
3. KHODAM ILMU
Khodam yang ketiga adalah khodam ilmu, khodam yang satu ini umumnya berasal dari Ilmu yang diamalkan oleh seseorang dan Khodam ini bersifat khusus karena memang khodam ilmu hanya mau menjalankan tugas dari orang yang memiliki ilmu khodam tersebut.

Ilmu ini sering juga di sebut ilmu khodam, yaitu ilmu yang memang menggunakan jasa makhluk gaib untuk menjalankan semua tugas atau perintah dari sang pemilik ilmu. Namun untuk tingkat keberhasilannya tergantung dari penyatuan antara orang tersebut dengan khodam yang mereka miliki. Pada tingkat yang tinggi saat penyatuan mereka begitu kuat maka tak jarang orang tersebut terkenal sakti dan mumpuni.

Khodam ilmu biasanya berasal dari makhluk halus jenis jin,genderuwo, kuntilanak,sukma/arwah atau pun khodam pusaka yang memang tertarik dengan amalan sang pemilik ilmu.
4. KHODAM KERIS (BENDA PUSAKA)
Khodam keris, khususnya keris Jawa, merupakan khodam yang memang menghuni atau menempati salah satu keris. Asal usul khodam keris adalah dari para pembuatnya dan semua tahu bahwa para pembuat keris (empu) pada jaman dahulu terkenal sangat sakti dan mereka bisa memasukan makhluk gaib tertentu kedalam keris ciptaanya. Para empu sebelum membuat atau menciptakan keris biasanya melakukan tirakat tertentu dan berbagai jenis puasa yang mana di tujukan untuk memanggil khodam yang akan di masukkan kedalam keris ciptaannya.

Keampuhan khodam keris acapkali tergantung dari sang pembuat, semakin tinggi ilmu sang pembuat, maka akan semakin tinggi pula tingkat keampuhan kerisnya. Yang hebatnya lagi, ketika sang empu sudah tiada pun, khodam pada kerisnya masih tetap menghuni keris tersebut.

Beberapa keris yang memiliki tingkat khodam cukup tinggi adalah : Keris Empu Gandring, keris Nogo Sosro dan Sabuk Inten, Keris Samber Nyowo, Keris Setan Kober, Keris Nogorunting dan juga beberapa keris lainnya.
5. KHODAM BENDA-BENDA GAIB
Selain benda pusaka keris, khodam juga di percaya menghuni benda benda gaib yang lainnya seperti Batu mustika seperti batu mustika merah delima, kecubung wulung, badar besi, batu mustika tapak jalak, batu mustika junjung drajat, batu mustika onix, batu mustika kol buntet, batu mustika sere, batu mustika getah katilayu dan juga jenis-jenis batu mustika lainnya.
Selain batu mustika, khodam ini juga menempati mustika-mustika lainnya yang berasal dari alam, seperti mustika rantai babi yang konon terkenal dengan mitos kebal senjata tajam dan peluru. Mustika wesi kuning, mustika pring petuk, mustika jahe, mustika benalu, mustika bunga bambu, mustika kantong macan, mustika biji jambu dan juga mustika alam lalnnya.

Selain batu mustika dan mustika alam, ada juga khodam yang menghuni beberapa rajah, jimat isian, jisim, asma', jimat mantra, batu akik atau batu cincin dan juga beberapa media lainnya.

Umumnya khodam ini datang sendiri kepada benda-benda gaib tersebut. Namun tak jarang juga mereka sengaja di hadirkan atau di undang oleh orang dengan kemampuan tertentu untuk mengisi benda buatan mereka. Baca artikel kami sebelumnya tentang Rahasia Cara Mengisi Khodam Kedalam Batu Cincin Secara Mudah.

Khodam jenis yang terakhir ini sedang ramai dibicarakan, karena memang belakangan ini keberadaan batu akik sedang booming, tak heran bila banyak diantara pencinta batu akik atau batu cincin yang tertarik dengan khodam yang menghuni batu cincin atau batu akik milik mereka.

Demikian tadi pembahasan kami tentang Macam Jenis Khodam dan Asal-usul Khodam dan tidak ada maksud untuk mempengaruhi atau membujuk seseorang untuk mengamalkan ilmu tertentu untuk mendapatkan khodam atau pun mengajak seseorang untuk mempercayai jin sebagai pembantu manusia.