Obat batu ginjal alami yang mudah ditemukan di rumah

Obat batu ginjal alami yang mudah ditemukan di rumah
1. Air putih
jenis air minum, air putih, air suling, purified water, distilled water
Minum air putih adalah obat batu ginjal alami yang bisa Anda andalkan. Bahkan minum air putih juga penting untuk mencegah batu ginjal kembali terbentuk.
Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan begitu, Anda telah membantu meringankan kerja ginjal.
Sementara beberapa ahli menyatakan bahwa minum air putih sebanyak 12 gelas per hari bisa bantu memperlambat tumpukan mineral di ginjal.
Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu perhatikan warna urin Anda. Bila urin berwarna kuning pekat, itu tanda tubuh mengalami dehidrasi dan dapat membuat tumpukan mineral semakin besar.
2. Air lemon
Obat batu ginjal alami lain yang tidak kalah praktis adalah air lemon. Anda dapat menambahkan perasan lemon ke segelas air. Lemon mengandung sitrat yang merupakan bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium.
Sitrat juga diketahui dapat membantu memecah batu-batu kecil sehingga mencegah juga terjadinya penyumbatan yang bisa terjadi di ureter.
3. Cuka apel
Sari cuka apel mengandung asam asetik yang diyakini bisa bantu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel juga membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.
Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menambahkan 2 sendok makan sari cuka apel dalam 250 ml atau satu gelas. Selain diminum, Anda juga bisa mencampurnya dalam salad dengan mencampurnya bersama saus salad Anda.
Akan tetapi, Anda tidak boleh mengonsumsinya berlebihan dari jumlah tersebut. Bagi Anda yang mengalami diabetes melitus sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter Anda.
4. Jus seledri
Jus seledri dianggap sebagai jus yang dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang mengkristal di ginjal. Jus seledri ini memang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan sudah tidak asing lagi.
Seledri sendiri mengandung antioksidan dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan produksi urin sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya batu-batu ginjal baru.
5. Jus buah delima
Buah delima selama berabad-abad juga dikenal sebagai buah yang sangat penting dalam pengobatan tradisional. Buah delima diyakini dapat meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan yang bisa membantu melarutkan batu ginjal dan racun yang ada dalam tubuh.

Buah delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urin. Tingkat keasaman yang lebih rendah akan mengurangi risiko tubuh Anda membentuk batu ginjal.