Bersabar dan Menerima Keadaan

  Suatu ketika, Ibnu Abbas menemui sahabatnya. Ia berbincang sebentar lalu berkata, ‘Kawanku, maukah kau bertemu dengan wanita yang kelak menghuni surga?’ Sahabatnya pun setuju lalu mereka pergi bersama ke tempat seorang wanita berkulit hitam.

    Ibnu Abbas lalu berkata, ‘Rasulullah pernah bercerita padaku bahwa wanita itu menderita penyakit epilepsi yang parah. Suatu hari wanita itu datang pada rasul dan meminta didoakan untuk kesembuhannya. Rasulullah berkata, ‘jika kau bersabar maka kelak kau akan masuk surga, tapi jika kau mau, aku juga bisa mendoakan untuk kesembuhanmu’. Wanita itu memilih untuk bersabar dan menerima penyakitnya.’

Contoh cerita inspiratif singkat ini mungkin dapat memberi motivasi terutama bagi pemeluk agama Islam. Dalam sebuah Hadis, Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan jika sakit akan menggugurkan dosa. Dengan catatan, orang yang sakit tersebut sabar dan menerima dengan ikhlas kondisinya.

Jika kamu masih sering sedih jika mendapat penyakit, coba contoh wanita pada cerita inspiratif singkat di atas. Meski punya kesempatan sembuh karena didoakan rasulullah, ia memilih untuk sabar dan ikhlas dengan kondisinya.
3. Miliki Mimpi Besar
contoh cerita inspiratif singkat - oprah
Sumber: Instagram – Oprah

    Saat masih balita, orang tuaku bercerai dan aku diasuh oleh nenekku. Kami hidup dalam kemiskinan, aku bahkan harus menggunakan karung sebagai pakaianku. Suatu hari, nenekku jatuh sakit dan aku harus tinggal dengan ibuku.

    Ibuku adalah seorang pembantu rumah tangga yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Pada umur sembilan tahun, aku diperkosa secara bergiliran oleh sepupu, paman, dan keluarga temanku. Akhirnya aku muak dan kabur dari rumah pada usia 13 tahun dalam keadaan hamil.

    Pada usia 14 tahun aku melahirkan anak pertamaku. Sayangnya, ia meninggal dalam kandungan. Aku lalu mengunjungi ayahku yang berprofesi sebagai tukang cukur rambut di Tennessee. Saat ittulah aku mencurahkan segala kekecewaan dan kesedihanku untuk belajar.

    Kerja kerasku terbayar, aku menjadi siswa unggulan dan lulus sebagai murid terbaik. Aku juga memenangkan beberapa penghargaan dalam bidang pidato. Aku kemudian mengambil kuliah jurusan Komunikasi di Tennessee State University.

    Di sela-sela waktu kuliah, aku mengambil pekerjaan sebagai penyiar di radio lokal. Setelah lulus, aku mulai meniti karir di bidang pertelevisian. Tidak mudah sebagai orang kulit hitam untuk berkarir di dunia televisi karena dianggap kurang menjual.

    Tapi aku memiliki mimpi besar dan tidak menyerah. Di usia sembilan belas tahun aku akhirnya menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi pembawa berita. Aku ditunjuk menjadi pembaca berita di program AM Chicago, acara yang kemudian menjelma menjadi program paling banyak di tonton di Amerika Serikat pada saat itu. Pada 1986, AM Chicago pun berubah nama menjadi Oprah Winfrey Show.

Lewat cerita pendek tadi, kamu bisa belajar untuk selalu memiliki motivasi untuk sukses. Hambatan seperti lingkungan yang buruk, hinaan, dan keterbatasan fisik adalah sesuatu yang tak terelakkan. Setelah berhasil melewatinya, maka akan datang hambatan baru.

Meski begitu, kamu bisa memilih untuk terus berjuang atau menyerah menggapai asa. Cerita inspiratif singkat tadi adalah contoh orang yang tidak memilih untuk menyerah. Hasilnya? Oprah berubah dari seorang wanita miskin dengan masa kecil yang buruk menjadi salah satu dari empat ratus orang terkaya di dunia. Keren banget, ya?

Baca juga: Kumpulan Cerita Horor Nyata yang Akan Membuatmu Merinding

4. Semangkuk Es Krim

contoh cerita inspiratif singkat - es krim

    Suatu siang ketika cuaca sedang sangat panas, seorang anak kecil masuk ke dalam toko es krim. Anak itu melihat-lihat es krim yang tersedia lalu bertanya pada penjaga toko, ‘Pak, berapa harga semangkuk es krim sundae?’

    Si penjaga toko menjawab, ‘Untuk semangkuk es krim sundae harganya 50 sen.’

    Anak kecil itu lalu merogoh sakunya dan menghitung uangnya. Si penjaga toko mulai tidak sabar.

    ‘Pak, berapa harga semangkuk es krim vanilla biasa?’ tanya anak itu.

    ’35 sen,’ jawab penjaga toko ketus.

    ‘Baiklah aku mau semangkuk es krim vanilla plain,’ pinta si anak kecil.

    Anak kecil itu lalu duduk di meja, beberapa saat kemudian datanglah es krim vanilla biasa dengan tagihannya. Anak itu menghabiskan es krimnya, membayar tagihan di kasir, lalu pergi.

    Saat membereskan meja anak kecil itu, si penjaga toko menemukan koin 15 sen yang ditinggalkan si anak kecil sebagai tip. Ia pun merasa bersalah telah bersikap kasar terhadap anak itu.

Contoh cerita inspiratif singkat ini menceritakan tentang seseorang yang terlalu cepat menilai orang lain. Si penjaga toko tadi terlalu cepat menilai jika anak kecil tadi tidak mampu membeli es krim sundae, padahal sebenarnya anak itu mampu. Malah, ia berbuat baik dengan memberi tip.

Kisah tadi layak kamu jadikan renungan dalam hidup. Ingat, jangan cepat menyimpulkan sesuatu hanya karena penampilan luarnya yang buruk.