DOWNLOAD FILE Analisis SWOT SEKOLAH DASAR NEGERI


Analisis SWOT merupakan gambaran umum yang menjadi tolok ukur organisasi di kelembagaan pemerintah untuk mengetahui beberapa hal sekaitan dengan tata kelola dan target yang ingin dicapai pada enam tahun ke depan. Analisis ini pula yang menjadi dasar kinerja seluruh warga sekolah dan pihak terkait yang nantinya dapat pula memberikan konstribusi/bantuan yang tidak mengikat untuk kemajuan pendidikan yang diselenggarkan


Dalam proses pembelajaran di sekolah terutama di sekolah dasar, pendidik, tenaga kependidikan dan lainnya  merupakan sumber daya edukatif dan actor utama  dalam proses pembelajaran tidak akan pernah tergantikan walaupun perkembangan ilmu pengetahuan tegnologi pembelajaran mengalami perkembangan  sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  tidak menjadi penghalang  bagi siapapun  melainkan  tantangan yang menutut kompetensi yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu dipandang penting untuk menganalisa berbagai aspek dalam kelembagan ini selaku penyelenggara pendidikan SD.

Suatu lembaga dinilai mempunyai kinerja yang baik jika lembaga tersebut  menghasilkan keluaran ‘OUTPUT’yang ditargetkan berupa peserta didik , yang bermutu secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. Untuk mencapai kinerja seperti ini banyak faktor yang berpengaruh yang perlu diperhatikan. Faktor-faktor tersebut pada prinsipnya dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu faktor  internal yang berasal dari dalam sekolah  itu sendiri, dan faktor eksternal yang berasal dari luar sekolah. Dengan menganalisis dan mengevaluasi berbagai faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja suatu sekolah, diharapkan sekolah dapat mengetahui kapasitas kemampuannya saat ini, dan menentukan strategi untuk meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang.

Pada prinsipnya hal-hal yang termaksud ke dalam faktor internal yang mempengaruhi kinerja madrasah adalah hal-hal yang berkaitan dengan kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses). Sedangkan, hal-hal yang termasuk dalam faktor eksternal adalah yang berkaitan dengan peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang dapat mempengaruhi kinerja sekolah tersebut.

Sebagai gambaran umum SD Negeri XXX adalah sekolah yang k0ndisinya pada saat ini kurang memungkinkan melakukan kegiatan yang lebih maksimal baik oleh faktor internal maupun eksternal.

Maka dengan menganalisis kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses) yang  ada, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang harus di hadapi, maka SD Negeri XXX  menentukan strategi agar dapat mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya secara optimal.

 Dalam sistem pendidikan dasar dan menengah, acuan untuk melihat hal-hal yang menjadi kondisi internal didasarkan pada delapan (8) standar nasional pendidikan yang sekaligus merupakan acuan dalam melakukan evaluasi diri. Sedangkan kondisi eksternal didasarkan pada kondisi yang ada diluar lembaga yang berupa peluang dan tantangan, termasuk tuntutan pemangku kepentingan (stackholder) yang terkait dengan pendidikan dasar dan menengah


DOWNLOAD FILE NYA DISINI